Awas, Steroid Merusak Ginjal!

Kompas.com - 02/11/2009, 11:38 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com - Pil anabolic steroid memang efektif membentuk otot dan meningkatkan stamina, namun belakangan diketahui adanya kelainan yang timbul. Salah satunya adalah merusak ginjal. Temuan ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society of Nephrology dan Scientific Exposition di San Diego, Amerika Serikat.

Steorid pada umumnya dipakai para atlet profesional. Sejumlah laporan menyebutkan penggunaan obat ini menimbulkan ketergantungan. Para ahli medis juga mengingatkan bahaya dari obat ini, meski sebelumnya tidak diketahui dampaknya pada ginjal.

Dalam penelitian yang dilakukan  Leal Herlitz, MD dari Columbia University Medical Centre, para ahli meneliti 10 kelompok atlet binaragawan yang menggunakan steorid selama bertahun-tahun. Diketahui bahwa para pengguna steorid ini mengalami kebocoran protein di urinnya dan menderita penurunan fungsi ginjal.

Berdasarkan tes ginjal, sembilan dari 10 binaragawan tersebut menderita kondisi yang disebut focal segmental glomerulosclerosis, jenis luka parut di ginjal. Penyakit ini biasanya timbul bila ginjal bekerja terlalu keras. Setelah para binaragawan tersebut menghentikan pemakaian steorid, mulai terlihat adanya perbaikan ginjal.

Menurut para peneliti, pembentukan otot membuat fungsi ginjal sebagai filter meningkat drastis dan menimbulkan kerusakan. Selain itu steorid diketahui memiliki efek toksik bagi ginjal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.