Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Mindset Sebelum Mulai Berdiet

Kompas.com - 14/01/2010, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Mengubah mindset bukan perkara gampang. Termasuk dalam urusan berat badan. Untuk mendapatkan bentuk tubuh proporsional, kenali bagaimana mindset bisa mempengaruhi usaha Anda mendapatkan tubuh impian. Misalnya, berkaitan dengan konsep mengurangi lemak (fat loss) atau mengurangi berat badan (weight loss) seperti yang dipaparkan dr Phaidon L. Toruan, pakar fitness lifestyle, dalam bukunya Fat Loss, Not Weight Loss:

1. Pengurangan berat
Fat Loss: Fokus pada pengurangan berat lemak dalam komposisi tubuh manusia.

Weight Loss: Fokus pada pengurangan berat otot, tulang, dan organ dalam, pada kompisisi tubuh. Konsep ini cenderung terpaku pada konsep pengurangan berat dengan fokus utama mengurangi asupan makanan. Caranya dengan mencoba semua metode penahan lapar. Berat badan memang akan turun, tetapi tidak lama. Tubuh akan kembali gemuk.

2. Pola makan
Fat Loss: Fokus pada pengurangan potensi penimbunan lemak, sehingga caranya adalah dengan mengatur pola makan. Konsep ini memastikan tubuh berada dalam zona pembakaran lemak yang konstan, dengan olahraga.

Weight Loss: Lebih mengajarkan untuk mengurangi makan, bukan mengajarkan kelengkapan nutrien. Weight loss juga lebih mengandalkan medikasi ketimbang perubahan gaya hidup. Konsumen akan dibuat tergantung pada obat dan perawatan yang harus dijalani.

3. Gaya hidup
Fat Loss: Fokus pada perubahan gaya hidup agar program pengurangan lemak berhasil. Caranya dengan mengubah perilaku dan mindset. Konsep ini punya peran penting untuk menentukan apakah program bisa berhasil atau tidak.

Weight Loss: Tidak mengajarkan perubahan pola hidup. Padahal mengubah pola hidup melalui berbagai referensi dan teknis praktisnya akan membuat otak memiliki fokus pada kehidupan yang sehat, mengubah persepsi yang salah soal diet, olahraga, dan keinginan untuk terus makan enak.

4. Pengetahuan tentang kegemukan
Fat loss: Fokus pada pengetahuan dan penyadaran akan proses terjadinya kegemukan. Yakni kelebihan makanan bergula, tidak berolahraga, faktor genetika, proses penuaan, dan bahan kimia lingkungan serta kombinasi dari berbagai faktor tersebut. Dengan menyadari apa saja faktor penyebab kegemukan, maka siapa pun mampu melawan proses pembentukan lemak dengan sadar.

Weight loss: Tidak mementingkan faktor penyebab kegemukan, melainkan bagaimana menahan nafsu makan dengan menggunakan alat bantu, termasuk obat-obatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com