Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Ditipu, Ayah Andien Laporkan Saudara Vina Panduwinata

Kompas.com - 21/01/2010, 17:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com — Ayah kandung penyanyi Andien, Didik Hariadi, akan kembali menindaklanjuti kasus dugaan penipuan yang melibatkan kakak dan adik penyanyi "Si Burung Camar" Vina Panduwinata, Maya dan R Jani, ke Polda Metro Jaya, Kamis (21/1/2010).

Pada 2 Juli 2009, Didik sempat melaporkan keduanya dengan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan. "Sebenarnya kasus ini satu tahun yang lalu, tapi di pihak penyidik ada proses pergantian dan halangan. Makanya hal ini tertunda terus. Tapi, kasusnya tetap berjalan," ujar Didik.

Menurutnya, kasus yang melibatkan Maya dan Jani ini berawal ketika keduanya menjalin kerja sama bisnis ekspor ikan. Bisnis sempat berjalan bahkan sempat panen dan diekspor. Berdasarkan perhitungan Didik, pendapatan dari hasil tersebut ditaksir mencapai Rp 1,6 miliar, terhitung Maret 2004 hingga satu tahun kemudian. Sayangnya, uang hasil panen tak pernah jelas.

Sekitar bulan Februari 2009, Didik mengklaim bahwa ia sempat bertemu dengan Jani dan mengaku bersedia melakukan pembayaran sebesar Rp 1,2 miliar. Pembayaran akan dilaksanakan secara angsuran dengan cara membuka 2 cek dan 22 giro.

Sayangnya, Jani dan Maya tidak juga melakukan kewajiban seperti yang sudah disepakati bahkan kembali menghindar dan sulit untuk ditemui. Malahan, cek tersebut ditolak oleh pihak bank lantaran merupakan cek kosong.

Merasa tak ada kejelasan, pihak Didi pun berniat melanjutkan kasusnya ke pihak kepolisian.  "Setelah sekian lama tidak ada pembayaran yang jelas, akhirnya saya tindaklanjuti ke kepolisian," ucap Didik ditemui di Polda Metro Jaya, Kamis. 

Menurut Didik, upaya melanjutkan kasus tersebut juga berdasarkan keinginan pihak Maya dan Jani. "Ini permintaan atas terlapor satu dan terlapor dua, yang ingin segera kasus ini diselesaikan secara hukum," kata Didik, yang ditemani Andien.

Sementara itu, Andien mengaku bahwa kehadirannya sekadar ingin mendampingi sang ayah. "Saya hanya mau support ayah saya. Sebenarnya saya tak tahu apa-apa. Ini masalah privasi ayah saya. Saya hanya menemani dia ke mari. Jujur, saya enggak enak kalau setiap pagi lihat ayah pasang muka enggak enak terus," ujar Andien.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan, baik dari pihak Maya maupun Jani. (C9-09)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com