Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gangguan Kesehatan bagi Pengidap Anoreksia

Kompas.com - 15/02/2010, 12:48 WIB

KOMPAS.com - Obsesi memiliki bentuk tubuh kurus yang menyebabkan kematian, berkali-kali terjadi. Kasus terakhir menimpa aktris Brittany Murphy, yang mendadak tewas saat berada di kamar mandi, Desember lalu. Awalnya keluarga mengira Brittany mengalami serangan jantung. Namun pada 4 Februari lalu, kepolisian merilis penyebab kematian bintang Uptown Girl ini, yaitu keracunan sejumlah obat, pneumonia, dan anemia yang disebabkan kekurangan zat besi. Brittany juga diduga mengalami eating disorder.

Perempuan memang sebaiknya lebih menghargai tubuhnya. Tidak ada salahnya punya keinginan memiliki tubuh langsing. Namun yang perlu ditekankan adalah makan dengan sehat. Bila Anda sudah mengidap anoreksia atau kelainan makan lainnya, Anda juga akan mengalami masalah kesehatan lain seperti:

 

* Kesuburan
Memiliki berat badan yang kurang bisa menyebabkan kemandulan atau gangguan kesuburan. Sedangkan terlalu gemuk bisa menyebabkan hormon kesuburan bekerja lambat. Namun kabar baiknya, kesuburan akan kembali datang jika tubuh kita kembali sehat. ''Saat tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan, hormon kesuburan akan kembali normal,'' ujar Walter H Kaye MD, direktur program gangguan makan, di University of California, San Diego.

* Gangguan jantung
Penyakit anoreksia akan membuat jantung tidak berfungsi dengan baik, melemah, dan membuat tubuh jadi dehidrasi. Cairan dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dan akhirnya menyebabkan serangan jantung. Namun kerusakan ini bisa kembali pulih saat tubuh kita kembali ke berat normal.

* Gigi tanggal
Mereka yang kekurangan berat badan memang seringkali memiliki gangguan pada gigi mereka. Gigi jadi mudah tanggal dan rapuh. Hal ini disebabkan asam dari lambung akan naik ke tenggorokan, dan dilanjutkan ke mulut. Akibatnya mulut memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan menyebabkan gigi rusak, berlubang, bahkan tanggal.

''Kalau hal ini terjadi di usia 30-an, tentunya Anda akan terlihat aneh dengan gigi yang ompong. Bisa Anda bayangkan?'' ungkap Jennifer Nardozzi, Psi, manager pelatihan nasional untuk The Renfrew Center, klinik penanggulangan gangguan makan.

* Perut kembung atau membuncit
Gangguan makanan bisa menyebabkan juga penyakit di saluran pencernaan, mulai gangguan lambung atau maag, hingga kesulitan untuk buang air besar. Pengidapnya juga mengalami kesulitan untuk menelan. Wajah mereka akan terlihat amat pucat. ''Penyakit ini juga bisa membuat kelenjar liru berproduksi lebih banyak, dan membuat mulut menjadi bau. Muka terlihat membengkak, dan bagian pipi terlihat kembung,'' ujar Nardozzi.

* Overdosis
Sejumlah obat diracik dan ditakar sesuai dengan berat badan orang normal, sehingga ketika ketika penderita anoreksia menelan obat-obatan itu secara tidak langsung menjadi overdosis. ''Setiap orang harus membedakan antara berada dalam keadaan yang menarik (langsing) ataukah sedang mengalami suatu penyakit,'' tegas Lynn Grefe, CEO The National Eating Disorder Association.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com