Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asep Prihatin Tunggu Uluran Tangan

Kompas.com - 13/05/2010, 09:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asep Prihatin (6), penderita kelamin ganda sejak bayi, warga Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, menunggu uluran tangan pembaca.

Asep merupakan warga Jalan Tipar Cakung, RT 01/06, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara. Kelainan organ kelamin itu tentu mengundang perhatian masyarakat luas, termasuk anggota DPRD DKI, Sahrianta Tarigan.

Asep Prihatin (6) merupakan anak bungsu dari pasangan Rohimah (38) dan Ocep (40). Asep diduga telah memiliki kelamin ganda sejak bayi. Di tengah kelamin perempuannya itu justru tumbuh daging kecil bulat menyerupai alat kelamin anak laki-laki.

"Kejanggalan kelamin ini sudah terjadi sejak kecil. Tapi saat itu belum bisa dilakukan operasi," kata Rohimah, saat rumahnya dikunjungi Sahrianta Tarigan, anggota Komisi E DPRD DKI, Rabu (12/5/2010).

Pada tahun 2009 lalu, Rohimah mengaku pernah membawa anaknya berobat ke Puskesmas Sukapura. Namun oleh petugas puskesmas, anaknya itu dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Namun karena keterbatasan biaya, pemeriksaan tersebut ditunda. Walau dia memegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kantor Kelurahan Semper Barat, pihak rumah sakit tetap memintai uang.

"Kami sangat membutuhkan uluran tangan bantuan dermawan agar anak saya bisa hidup dengan alat kelamin normal," kata wanita yang keserahariannya menjajakan gorengan keliling kampung. Sedangkan suaminya hanya sebagai tukang ojek dengan penghasilan sehari-hari Rp 20.000.

Selanjutnya, Rohimah meminta bantuan pada Puskesmas Sukapura untuk mengurus pengobatan secara gratis dengan cara meminta surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan DKI. Hasilnya, pada bulan April lalu, Asep berhasil menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto tanpa biaya alias gratis. Namun, dua tahun ke depan harus menjalani lagi operasi kedua kalinya, yaitu operasi konstruksi.

Sekretaris Komisi E DPRD DKI, Sahrianta Tarigan, mengaku turut prihatin dengan kondisi keluarga tersebut. Setelah mengetahui adanya bocah berkelamin ganda yang kebetulan berada di wilayah daerah pemilihannya ketika mencalonkan menjadi anggota legislatif, dia segera menengok ke lokasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com