Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekerasan Perempuan, Fenomena Gunung Es

Kompas.com - 18/05/2010, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar menyatakan bahwa kekerasan di dalam rumah tangga terhadap perempuan merupakan fenomena gunung es. Jumlah kekerasan yang tercatat belum tentu sama dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2006 mencatat, 75 persen perempuan korban kekerasan tidak pernah melaporkan kejadian kekerasan yang dialami. Mereka hanya bercerita kepada orang-orang dekatnya. "Kekerasan dalam rumah tangga itu fenomena gunung es," tutur Linda di depan Komisi III DPD RI, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/5/2010).

Kecenderungan ini terlihat pula dalam peningkatan jumlah kekerasan terhadap perempuan dari tahun ke tahun. Kementerian menerima catatan Komnas Perempuan yang memaparkan jumlah kekerasan terhadap perempuan yang terus meningkat dari tahun 2001 hingga 2008. Bahkan, dari tahun 2007 ke 2008 jumlahnya meningkat dua kali lipat.

"Meningkatnya jumlah kekerasan bukan semata-mata meningkatnya fenomena kekerasan di masyarakat, tapi semakin tingginya keterbukaan perempuan dalam merespons kekerasan yang terjadi padanya," tambah Linda.

Kementerian juga mencatat penyebab utama terhadap perempuan didominasi oleh kesulitan ekonomi, perilaku buruk, dan rasa cemburu. Sekitar 70 persen kasus kekerasan terjadi di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com