Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Canangkan Juni Bulan Bung Karno

Kompas.com - 20/06/2010, 09:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mencanangkan bulan Juni sebagai bulan Bung Karno.

Ada dua peristiwa penting terkait Bapak Proklamator tersebut pada bulan Juni. Pertama, pada tanggal 1 Juni, Bung Karno memaparkan konsep Pancasila di hadapan sidang BPUPKI. Sementara itu, pada tanggal 21 Juni, Bung Karno meninggal dunia.

Dikatakan Mega, saat ini banyak masyarakat yang telah melupakan falsafah Pancasila. "Kami melihat Pancasila saat ini tidak lagi bergema. Masyarakat sepertinya mulai melupakan arti dari Pancasila. Kalau disebut sih memang sering. Kami, PDIP, membuat bulan Bung Karno dari 1-21 Juni. Kami mencoba mensosialisasikan kembali agar Pancasila bisa dihayati sebagai falsafah dan dasar negara kita," ujar Mega kepada para wartawan, Minggu (20/6/2010) di sela-sela acara gerak jalan memeringati hari lahir Pancasila di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Mega mengatakan, ada pihak-pihak yang mencoba mengaburkan peran Bung Karno sebagai salah satu founding fathers. Selain itu, ada juga beberapa peristiwa yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan arti Pancasila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com