Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Pabrikan Sudah Naik 10 Persen

Kompas.com - 19/07/2010, 19:17 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sejumlah produk pabrikan di Banyuwangi, Jawa Timur, telah menaikkan harga sekitar 10 persen, meski pemerintah belum menaikkan TDL untuk industri.

Hasil pantauan di sejumlah pasar di Banyuwangi, Senin, menyebutkan, produk pabrikan yang sudah naik harganya antara lain kecap, bumbu masak, kopi, mentega, mie instan, dan produk kemasan pabrik lainnya.

Menurut Tri Astuti, pedagang di pasar Rogojampi, Banyuwangi, kenaikan bahan pangan produk pabrikan sudah naik sejak pemerintah menaikkan TDL awal Juli lalu.

"Harga bahan-bahan itu sudah naik sejak awal bulan dengan dalih terjadi kenaikan TDL. Jadi ketika kami mengambil barang dari tangan pertama, sudah menggunakan harga baru," tuturnya.

Kenaikan bahan-bahan produk pabrikan tersebut berkisar antara 5 persen hingga 10 persen. Para pedagang begitu saja menerima kenaikan bahan-bahan produk pabrikan itu. Padahal, pemerintah masih mengkaji besaran kenaikan TDL untuk kalangan industri.

Hal senada diungkapkan Agus, pedagang di Pasar Induk Banyuwangi. Menurutnya, harga produk-produk pabrikan sudah naik sejak awal bulan lalu. Seperti deterjen, sabun mandi, dan produk pabrikan lainnya.

Alasan kenaikan harga tersebut menurut distributor, karena menyesuaikan kenaikan TDL yang ditetapkan pemerintah sejak 1 Juli lalu.

Sementara itu produk pabrikan berupa susu kaleng, susu bubuk, dan bubur bayi, tidak seluruhnya naik. "Hanya beberapa merk saja yang naik, yang lainnya belum ada perubahan harga," ujar Agus.

Kenaikan harga produk pabrikan itu sangat dikeluhkan Dini, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Perumahan Kebalenan Banyuwangi.

Sejak hampir sebagian produk pabrikan naik, uang penghasilan suaminya yang bekerja sebagai PNS mulai menipis. Padahal, saat ini belum sampai akhir bulan.

Dini berharap pemerintah bisa meninjau kembali kanaikan TDL yang berdampak pada kenaikan harga produk pabrikan tersebut. Pasalnya, para orangtua baru saja mengeluarkan duit cukup besar untuk biaya sekolah anak mereka.

Sementara itu Adi, Kepala PLN Area Banyuwangi menjelaskan, TDL untuk industri masih dalam kajian pemerintah dan DPR.

Jadi seharusnya produk-produk pabrikan itu belum waktunya naik. "Masak TDL belum naik, kok harga produk pabrikan sudah naik," jelas Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com