Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Kecil Jalan Jinjit, Pertanda Kanker?

Kompas.com - 31/08/2010, 09:19 WIB

TANYA :  Dok, anak saya berumur 11 bulan dan mulai belajar jalan. Saya perhatikan kakinya suka jinjit kalau berjalan. Apakah itu normal? Karena saya pernah dengar katanya kalau anak jalannya jinjit maka kemungkinan ada masalah dengan kesehatannya.

Anak ke-2 saya dulu jalannya juga suka jinjit, pada usia 5 tahun dia terkena kanker dan akhirnya meninggal. Apakah itu ada hubungannya dengan jalan jinjitnya? Terima kasih Dok.

(Lusi, 38 Tahun)

JAWAB : Pertama-tama saya ucapkan turut berduka sedalam-dalamnya untuk si kecil yang menderita kanker dan mendahului kita semua. Sepanjang yang saya tahu, hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan hubungan di antara kedua hal yang Ibu sampaikan.

Kanker dapat dipicu oleh adanya paparan tubuh oleh bahan atau zat kimia berbahaya, radiasi, dan sebagainya. Sebenarnya sel-sel pada penderita kanker mengandung gen pembawa sifat yang cenderung berubah sifatnya, tumbuh tidak terkontrol, dan pada kemudian hari berkembang sebagai kanker.

Sementara itu, berjalan jinjit dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya kelainan perkembangan motorik atau sistem neuromuskuloskeletal, perlakuan tertentu seperti penggunaan baby walker pada bayi yang belum bisa berjalan, dan sebagainya. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com