Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Pemakaian Gurita Sehabis Melahirkan

Kompas.com - 01/09/2010, 09:28 WIB

KOMPAS.com - "Saya wanita berusia 34 tahun yang baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki lewat operasi Caesar. Tindakan Caesar terpaksa diambil karena menjelang saat kelahiran, saya tidak mengalami pembukaan seperti seharusnya. Operasi berjalan kira-kira setengah bulan lalu. Bekas operasi masih terasa perih, terutama saat berjalan. Ibu saya memaksa saya memakai semacam gurita yang dililitkan pada perut. Tujuannya agar perut cepat kembali langsing. Ia mengkhawatirkan bentuk tubuh saya yang cenderung besar. Yang menganjurkan penggunaan gurita bukan hanya ibu, tapi juga mertua, tante, dan kakak perempuan saya. Apakah memang penggunaan gurita ini diperbolehkan secara medis?" (Surat dari Aisyah, Padang)

Menurut dr Ferryal Loetan, ASC&T, SpRM, MKes (MMR), sex consultant and rehabilitation specialist di Klinik Win, segala sesuatu yang baik itu memang tidak selalu menyenangkan. Teknik membebat seperti yang dianjurkan ibu, mertua, tante, dan kakak Anda sebenarnya juga dianjurkan dalam dunia medis. Sangat dianjurkan malah.

Teknik ini terutama sangat baik dilakukan untuk mencegah luka tertekan dari dalam. Sangat baik untuk proses penyembuhan. Jadi menurut saya, Anda juga bisa mulai mencoba teknik membebat ini. Tetapi ingatlah, jangan memaksakan diri, apalagi Anda baru saja masuk dalam fase permulaan.

Kalau merasa tidak nyaman, sebaiknya bebat itu dilepas dahulu. Setelah beberapa saat, cobalah lagi. Ulangi terus sampai Anda merasa nyaman. Semoga dengan demikian hasilnya bisa maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com