Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Pamerkan Penurunan Kemiskinan Indonesia

Kompas.com - 27/09/2010, 13:31 WIB

JIMBARAN, KOMPAS.com — Angka kemiskinan menjadi perhatian dunia ketika krisis keuangan pada akhir tahun 2008 melanda hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, penurunan angka kemiskinan menjadi prioritas utama bagi Indonesia. Hasilnya, lanjut SBY, angka kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan.

"Di Indonesia, upaya kami melawan kemiskinan menunjukkan hasil yang menggembirakan. Jumlah masyarakat miskin telah menurun dari 16,7 persen dari jumlah penduduk pada 2004 menjadi 14,1 persen pada 2009," katanya di depan para pejabat bank sentral negara-negara sahabat yang tergabung dalam Alliance for Financial Inclusion (AFI) di Jimbaran, Bali, Senin (27/9/2010).

"Meski krisis, kami dapat mengurangi angka kemiskinan ke angka 13,3 persen pada Maret 2010," katanya.

SBY menegaskan, upaya Indonesia menekan kemiskinan dapat efektif hanya karena melakukan sinergi dengan upaya-upaya di tingkat global. Ini pula yang menjadi alasannya untuk menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah The AFI Global Policy Forum tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com