Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Micro Piezo 20 Tahun Dirayakan

Kompas.com - 30/11/2010, 03:43 WIB

Matsumoto, Kompas - Tuntutan presisi dan penghematan tinta printer komputer dijawab perusahaan Epson dari Jepang dengan metode Micro Piezo. Epson adalah perusahaan pertama di dunia yang mengembangkan metode itu. Kini aplikasi selama 20 tahun ini dirayakan.

”Micro Piezo adalah pengembangan sistem kontrol tangki tinta. Ini sejalan dengan penghematan tinta dan sistem energi. Micro Piezo juga bisa dikembangkan untuk bidang-bidang lain,” ungkap Koichi Endo, salah satu pionir pengembangan Micro Piezo untuk Epson, Jumat (26/11) di Matsumoto, Jepang.

Pengembangan Micro Piezo dimulai pada 1990. Menurut Endo, metode itu bisa diterapkan di bidang medis dan bidang lain. Presisi dan akurasi yang dibutuhkan pada pengobatan penyakit tertentu butuh sistem kontrol yang bisa dilakukan Micro Piezo. Metode ini banyak digunakan produk televisi layar tipis.

Pengembangan mesin cetak komputer oleh perusahaan lainnya selama ini, kata Endo, menggunakan sistem termal. Pada prinsipnya, sistem pemanasan memungkinkan print head mengatur pengeluaran tinta sesuai warna yang diinginkan.

Endo saat ini menjabat Chairman Epson Singapore PTE LTD yang membawahi anak perusahaan Epson di Indonesia, India, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Secara khusus, Epson merancang untuk Indonesia, menyesuaikan karakter masyarakat yang mau harga murah dan tinta isi ulang.

”Sejak Oktober 2010 telah diluncurkan printer L100 dan L200 untuk menjawab kebutuhan di Indonesia,” kata Endo.

Chief Operating Officer Imaging and Information Operations Division Epson Motonori Okumura mengatakan, produksi printer di Indonesia pada 2009 mencapai 6 juta unit. Pada 2012 diproyeksikan 13 juta unit per tahun di Cikarang, Jawa Barat. Produksi tinta Epson dilakukan di Batam. ”Khusus kami ciptakan printer Epson (di dunia) yang dapat diisi ulang hanya di Indonesia,” kata Okumura.

Presiden Seiko Epson Corporation Minoru Usui memaparkan, pengembangan teknologi printer komputer oleh Epson—perusahaan ini didirikan korporasi Seiko—sudah dimulai sejak 1968 dimulai dengan teknologi ”dot matrix” hingga pada 1993 digantikan Micro Piezo.

”Metode Micro Piezo terus dikembangkan untuk mencapai komitmen Epson mereduksi emisi 90 persen pada 2050 nanti,” ungkap Usui. (NAW)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com