Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Hidup Memengaruhi Gaya Rambut

Kompas.com - 07/01/2011, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Saat akan memotong rambut, umumnya Anda ataupun penata rambut akan memilih model dengan menyesuaikan bentuk wajah dan jenis rambut. Tetapi uniknya, ada hal lain yang juga menjadi pertimbangan, dua di antaranya adalah gaya hidup dan profesi.

Penata rambut Alfons mengatakan gaya hidup, profesi, status sosial, kepribadian, bahkan pertimbangan suami, menjadi acuan dalam memilih model potongan rambut. Tentunya selain faktor umum seperti bentuk wajah, jenis rambut, dan jenis kulit kepala. Informasi dari pelanggan mengenai beberapa faktor ini digali penata rambut dengan pendekatan personal melalui obrolan santai.

"Kita perlu tahu, apa profesi pelanggan untuk memilih potongan rambut yang sesuai. Kalau bekerja di kantor pemerintah yang sifatnya formal enggak pantas rasanya memilih potongan rambut seperti Rihanna (model kombinasi cepak-asimetris, RED). Beda kalau bekerja di bidang kreatif yang memang harus tampil gaya. Gaya hidup dan aktivitas keseharian juga jadi pertimbangan agar potongan rambut sesuai dengan kebutuhan. Bahkan kepribadian, apakah ekstrovert atau introvert akan menentukan model rambut seperti apa yang lebih sesuai," papar Alfons saat ditemui Kompas Female di salonnya, Alfons Hair and Beauty Room di Kartika Chandra Jakarta, Kamis (6/1/2011) lalu.

Cara Alfons memperlakukan pelanggan memang tak seperti orang kebanyakan. Informasi detail mengenai kebutuhan pelanggan menjadi urusan penting. Tujuannya agar pelanggan terpuaskan usai mendapatkan perawatan.

"Kalau klien datang bersama suami, pertimbangan suami juga biasanya memengaruhi," lanjutnya.

Rasanya, setiap perempuan akan keluar dari salon dengan senyum lebar dengan cara ini. Seperti Elvira Anna (28), pekerja media, yang menikmati perlakuan ini. "Aku merasa dihargai dan dikenali kebutuhanku, dan bukan jadi bahan percobaan," aku Anna yang mengaku puas usai memotong rambut panjangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com