Tiga Teknik Pilates untuk Hilangkan Lemak Perut

Kompas.com - 11/01/2011, 09:51 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Pilates kini menjadi pilihan olahraga yang banyak digemari. Fokus utama latihan pilates adalah daerah perut, terutama otot perut atas dan bawah. Meski begitu, teknik pilates tak hanya menyasar bagian perut, tetapi juga seluruh bagian tubuh. Bagi pemula, coba ikuti beberapa teknik berikut, yang memang dirancang untuk fokus pada perut. Anda bisa menghilangkan lemak perut jika memperagakannya dengan benar dan teratur.

The Hundred
Mulai teknik ini dengan berbaring, punggung menempel di lantai atau matras. Posisi kaki dan tangan diluruskan. Angkat kedua kaki bersamaan dan lengan Anda bersamaan sejauh 6 inci. Posisi dagu dan kepala menghadap atas dan tulang belikat tetap menempel pada lantai. Lalu, lakukan gerakan naik-turun pada lengan dengan irama cepat selama lima hitungan sambil membuang napas. Kembali ke posisi semula sambil mengambil napas. Ulangi gerakan kombinasi sambil menarik dan membuang napas ini 10 kali hitungan, lakukan 100 kali. Inilah sebabnya latihan pilates ini disebut teknik seratus.

The Teaser
Berbaringlah dengan punggung menempel di lantai atau matras. Posisi kaki diluruskan dan tangan di samping tubuh Anda. Pindahkan tangan ke atas kepala sambil mengangkat kaki lurus ke atas. Tarik napas dan cobalah untuk mengangkat badan hingga posisi duduk tegak, posisi kaki tetap terangkat. Buang napas, lalu turun ke posisi semula secara perlahan. Ulangi gerakan ini 3-5 kali.

Crisscrossers
Berbaring dengan punggung menempel di lantai atau matras. Angkat kepala sambil menarik lutut mendekati dada. Letakkan tangan di belakang kepala. Tarik napas dan putar tubuh perlahan ke kiri hingga siku kanan menyentuh lutut kiri sambil meluruskan kaki kanan. Tahan pose ini selama lima hitungan sambil membuang napas. Tarik napas saat kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini bergantian pada kedua sisi dan lakukan lima set.

Disarankan melakukan tiga latihan pilates ini 2-3 kali seminggu jika Anda ingin menghilangkan lemak perut. Pastikan Anda melakukan gerakan dengan benar, menyasar otot perut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.