Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizieq: Dakwah Jangan Pakai Kekerasan

Kompas.com - 19/02/2011, 04:42 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Ketua Front Pembela Islam Habib Rizieq berceramah di depan ribuan anggota jemaah Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/2/2011) malam.

Sebagian di antara jemaah yang hadir adalah anggota Front Pembela Islam Makassar (FPI Makassar) yang baru saja dilantik oleh Rizieq. FPI Makassar diketuai oleh Al-habib Muhammad Reza bin Nukhsin Al-Hamid. Rizieq berada di Makassar untuk menghadiri Musyawarah Besar FPI Sulsel yang menetapkan kepengurusan baru.

Rizieq dalam ceramahnya memberikan metode-metode dakwah yang sesuai dengan Al Quran dan hadis. Ia juga menganjurkan agar anggota FPI jangan berdakwah dengan kekerasan, melainkan dengan hikmah dan kebijaksanaan.

Sebelumnya, saat khotbah Jumat di masjid yang sama, Rizieq menyatakan, Islam tidak menolak pluralisme sepanjang tidak mencampuradukkan ajaran Islam dengan ajaran lain.

"Islam sangat toleran, sangat jelas mengajarkan bagaimana menghargai orang lain. Islam tidak menolak pluralitas, kemajemukan, dan keberagaman. Yang penting jangan mencela ajarannya, Quran-nya, dan keyakinannya," katanya.

Walau begitu, ia mengatakan, pluralisme bukan lahir dari agama Islam sehingga haram hukumnya bagi umat Islam untuk mengikutinya. "Islam selalu menghargai agama lain, bahkan Yahudi. Namun, Ahmadiyah baru ada, dan hanya menjiplak agama Islam," ucapnya. (Mahyudin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com