Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Gizi Buruk Mendera 27 Balita Miskin

Kompas.com - 27/03/2011, 13:25 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 27 bayi di bawah lima tahun (balita) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dinyatakan menderita gizi buruk.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang M Fauzi, Minggu, mengatakan, balita penderita gizi buruk tersebut sudah ditangani di RSSA Malang, bahkan telah diperbolehkan pulang.

Namun, mereka masih dalam pengawasan serius dinas kesehatan melalui bidan desa maupun kader kesehatan di masing-masing kecamatan.

"Salah satu penyebab balita yang mengalami gizi buruk di Kabupaten Malang ini adalah sebagai akibat dari pola asuh yang salah dan keliru terutama pola makan," katanya menegaskan.

Selain itu, ujarnya, gizi buruk bisa karena adanya faktor keturunan, tidak tercukupinya asupan gizi karena orangtuanya tergolong warga miskin, dan pola asuh yang keliru.

Menurut dia, untuk melakukan penanganan tersebut, dinkes sudah melakukan langkah optimal dengan memberikan asupan makanan seperti susu dan bubur gratis sampai penderita gizi buruk sehat dan kembali normal.

Kasi Gizi Masyarakat Dinkes Kabupaten Malang Riyanto berharap, orangtua balita lebih aktif dan rutin membawa anaknya ke posyandu.

"Selama ini dinkes kesulitan mendata dan memberikan perhatian kepada balita penderita gizi buruk, jika tidak pernah dibawa ke posyandu secara rutin," tuturnya.

Pentingnya membawa balita ke posyandu untuk mendeteksi kesehatan anak sejak dini. Diharapkan semua orangtua yang memiliki balita rajin ke posyandu.

Saat ini di Kabupaten Malang ada 2.766 posyandu, tersebar di 398 desa di daerah ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com