Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Antitembakau Warnai Kota Yogya

Kompas.com - 31/05/2011, 12:25 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan aktivis berbagai elemen masyarakat di Yogyakarta, Selasa (31/5/2011) siang, melakukan aksi simpatik di perempatan Kantor Pos Besar dalam rangka memperingati Hari Bebas Tembakau.

Peserta aksi yang terdiri atas mahasiswa Farmasi Universitas Gadjah Mada, Muhammadiyah Tobbaco Control Centre, dan Komunitas Yogyakarta Sehat Tanpa Tembakau membentangkan poster yang isinya menyuarakan bahaya merokok dan imbauan untuk tidak merokok.

Selain itu, mereka juga membagikan stiker berisi imbauan tidak merokok kepada para pengguna jalan. "Aksi siang hari ini dilakukan untuk memperingati Hari Bebas Tembakau Sedunia yang jatuh hari ini. Data menunjukkan, jumlah perokok di Indonesia terbanyak ketiga di dunia. Ada yang lebih memprihatinkan, yakni jumlah perokok dari kalangan pelajar juga terus meningkat setiap tahunnya," ungkap Nanik Prasetyoningsih, aktivis dari Muhammadiyah Tobbaco Control Centre.

"Kami mengimbau kepada para perokok untuk menghormati warga yang tidak merokok, dengan merokok di tempat yang semestinya sehingga orang lain tidak dikorbankan," sambung Nanik.

Sementara itu, Monda Saragih dari Yogyakarta Sehat Tanpa Merokok Provinsi DIY mengatakan, target aksi ini adalah agar warga Yogyakarta mengetahui bahaya merokok serta mengetahui adanya Hari Tanpa Tembakau yang jatuh tanggal 31 Mei.

"Kami mengimbau kepada perokok untuk tidak merokok di dekat ibu hamil maupun anak-anak sebab asap rokok dari perokok dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan anak-anak," ungkap Monda.

Selain membentang spanduk dan poster, peserta aksi juga meminta tanda tangan para pengguna sepeda motor untuk mendukung aksi bebas tembakau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com