Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Menyiapkan Kehamilan

Kompas.com - 07/06/2011, 12:51 WIB

KOMPAS.com — Kehamilan yang sehat dipengaruhi bagaimana persiapan prakehamilan. Perempuan perlu mempersiapkan tubuh dengan menjaga pola makan sehat. Ahli gizi klinis dr Inge Permadhi, MS, SpGK, menjelaskan, untuk melahirkan anak yang pandai dan tidak bermasalah, perempuan perlu memerhatikan asupan gizi yang baik dan seimbang.

"Perempuan sebelum kehamilan atau saat merencanakan kehamilan membutuhkan kualitas makanan yang bagus. Asupan nutrisi harus diperhatikan," ujar dr Inge saat Nutritalk Sari Husada di Hong Kong Cafe Jakarta, Selasa (7/6/2011).

Lima faktor yang perlu dipersiapkan prakehamilan agar kehamilan sehat hingga melahirkan di antaranya:

1. Indeks massa tubuh
Pastikan IMT normal sebelum hamil atau saat mempersiapkan kehamilan. Cara menghitung IMT yakni berat badan dibagi tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Jika hasil IMT 18,5-22,9,  bisa dikatakan normal.

2. Kebutuhan kalori
Komposisi zat gizi seimbang dibutuhkan oleh perempuan dalam mempersiapkan kehamilan. Pastikan kebutuhan kalori prakehamilan terpenuhi, yakni 2.050 kkal per hari. Zat gizi seimbang harian didapatkan dari karbohidrat 55-60 persen, lemak 30 persen, protein 15 persen. Yang penting diperhatikan adalah pola makan sehat dengan rumus 3J, yakni jumlah, jenis, dan jadwal.

3. Jangan terlalu gemuk atau kurus
Perempuan harus sehat sebelum kehamilan. Sehat juga termasuk faktor berat badan, atau tubuh yang proporsional antara tinggi dan beran badan. Berat badan ideal bisa dihitung dengan rumus 90 persen dikali (tinggi badan dikurangi 100). Namun, kalau tinggi badan perempuan kurang dari 150 sentimeter, rumusnya tinggi badan dikurangi 100.

4. Hindari rokok, alkohol, dan narkoba
Dr Inge menegaskan, konsumsi rokok atau alkohol perlu dihindari dari kehidupan perempuan. Bagaimanapun, racun dari rokok ada di tubuh, masuk ke dalam pembuluh darah. Rokok berpengaruh pada kerusakan sel. "Mungkin saja kebiasaan merokok ini membuat bayi lahir tidak normal," jelasnya.

5. Lingkungan sehat
Dalam mempersiapkan kehamilan, perempuan sebaiknya tinggal dalam lingkungan sehat, kata dr Inge. Perempuan yang tinggal di perkotaan memang lebih sulit mendapatkan lingkungan sehat, apalagi dengan adanya polusi udara. Namun, radikal bebas bisa dilawan dengan gaya hidup sehat, olahraga sehat, dan pola makan sehat. Anda perlu memilih asupan antioksidan tinggi dari buah dan sayur, serta asupan kaya nutrisi lainnya. Asupan vitamin C dan E bisa membantu mengatasi pengaruh radikal bebas yang berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

"Menjaga kesehatan tubuh pada prakehamilan bisa membantu ibu hamil saat mengalami gangguan saat kehamilan karena adanya cadangan nutrisi dalam tubuh," tandas dr Inge.

Radikal bebas bisa membunuh bakteri, tetapi juga bisa merusak sel. Olahraga yang tidak sehat tanpa terprogram (sekadar menurunkan berat badan) juga bisa merusak sel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com