Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avokad Spanyol Juga Sarang "E.coli"

Kompas.com - 10/06/2011, 14:55 WIB

KOMPAS.com — Hasil penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Thailand menunjukkan avokad asal Uni Eropa (UE) juga menjadi sarang bakteri E.coli. Tapi, sampai kini, menurut warta Xinhua pada Jumat (10/6/2011), belum bisa dipastikan apakah bakteri tersebut sama dengan bakteri yang diklaim sudah menewaskan 27 orang di kawasan UE.

Tes awal dilakukan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Thailand pada Jumat (3/6/2011). Hasilnya, bakteri tersebut terdapat pada avokad yang diimpor dari Spanyol. "Masih dibutuhkan waktu untuk memastikan apakah bakteri yang kami temukan sama dengan bakteri E.coli yang mematikan itu," kata Direktur Jenderal FDA Thailand Dr. Pipat Yingseri.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Umum Thailand Jurin Laksanavisit mengatakan,  masyarakat Thailand tidak perlu panik. Pemerintah Thailand pun segera mengeluarkan tips untuk mencegah bakteri tersebut. Masyarakat diminta mencuci sayur dan buah-buahan segar di air mengalir selama sedikitnya dua menit. Lalu, sayur dan buah-buahan yang sudah dicuci bisa direndam beberapa saat dalam rendaman air cuka dan garam. "Sayuran harus dimasak pada suhu 70 derajat celsius untuk membunuh bakteri," demikian tips tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com