Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton Gemar Pakai Busana Lama

Kompas.com - 13/06/2011, 15:34 WIB

KOMPAS.com - Duchess of Cambridge Catherine semakin dikenal dunia sebagai ikon fashion. Pilihan busana yang dikenakan istri Pangeran William, dalam berbagai acara kerajaan selalu saja memesona.

Pengusaha ritel fashion Inggris, Mimi Spencer bahkan menyebut perempuan yang akrab disapa Kate sebagai ratu label fashion high street. Pernyataan ini dibuat bukan tanpa alasan. Pilihan busana yang dikenakan Kate sejak muncul sebagai bagian dari keluarga kerajaan Inggris selalu laris manis di pasaran. Sejumlah perancang Inggris yang mendesain busana untuknya juga kecipratan keberuntungan. Pengusaha ritel fashion juga mendapat keuntungan, dengan meniru gaya busana Kate untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

Sebut saja terusan biru Issa Sapphire yang dikenakan Kate saat pengumuman pertunangannya dengan Pangeran William. Atau terusan Reiss Shola yang dipakainya saat bertemu Michelle Obama di kunjungan kenegaraan di Inggris. Hingga busana yang dikenakannya saat menghadiri gathering keluarga kerajaan belum lama ini. Banyak mata menjadi saksinya, sejak pertama kali muncul di layar televisi, gaun pengantin Kate yang berkesan sederhana namun elegan, serta merta ditiru pebisnis fashion di sejumlah negara untuk dijadikan model gaun pengantin terkini.

Gaya busana Kate memberikan efek yang fenomenal dan instan. Busananya menjadi bahan perbincangan di internet dan perputaran uang di bisnis fashion meningkat dengan Kate sebagai ikon nya. Penuh puja puji atas busana yang dipilih Kate, dan citranya juga mendongkrak penjualan label tersebut, hanya dalam hitungan jam.

Fashion memang bicara selera. Namun fenomena fashion yang terjadi dengan Kate sebagai pemicunya dilandasi bukan hanya karena selera busana yang baik. Kate berbusana sesuai yang disukainya, sesuai karakternya, tanpa takut berekspresi. Ia bahkan tak memiliki penasehat busana. Prinsipnya, Kate berbusana dengan caranya yang sederhana, elegan, kadang "bandel" tak menuruti tradisi busana kerajaan dengan bawahan yang menutupi lutut. Kate bahkan pernah tampil berani dengan menunjukkan kaki jenjangnya yang indah, tanpa stocking.

Padu padan busana lama
Penampilan berkesan modern, sederhana, elegan ala Kate, rupanya tak meninggalkan tradisi berbusana kerajaan. Kate cerdas padu padan busana, termasuk menggunakan kembali koleksi busana lamanya. Hal serupa juga dilakukan anggota keluarga kerajaan lainnya. 

Perempuan kalangan bangsawan tak sungkan tampil dengan busana yang sama, pada kesempatan berbeda. Busana lama berusia lebih dari dua tahun tetap cantik dikenakan, dengan padu padan dan aksesori berbeda sebagai penyegarnya.

Inilah yang dilakukan Kate saat menghadiri perayaan ulang tahun Duke of Edinburgh ke-90, Minggu (12/6/2011) lalu. Perempuan 29 tahun ini mengenakan terusan Jacquard model jaket warna biru. Busana yang sama ia kenakan saat menghadiri pernikahan teman dekat Pangeran William, Nicholas van Cutsem, pada 2009 lalu. Hanya saja kali ini, Catherine memadukannya dengan sepatu kesukannya, LK Bennett.

Sehari sebelumnya, Kate juga memilih busana lama untuk menghadiri pernikahan teman dekatnya, Sam Waley-Cohen. Ia mengenakan cocktail dress sutera hitam putih. Terusan ini pernah Kate kenakan saat ke klub malam di London bersama adiknya, Pippa, pada 2007 silam, ketika putus singkat dengan William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com