Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Per Kilometer Sulit Diterapkan

Kompas.com - 21/06/2011, 04:03 WIB

Jakarta, Kompas - Penentuan tarif kereta rel listrik commuterline berdasarkan jarak sulit diberlakukan karena alasan kepraktisan dan adanya biaya operasi minimum. Tarif KRL commuterline yang berlaku mulai 2 Juli tetap diperhitungkan per koridor.

”Bila ada 50-an stasiun dan diberlakukan sistem penarifan yang berbeda, penghitungan tarif akan rumit. Maka, sistem tarif dibuat per koridor. Untuk lintas Bogor Rp 9.000; Tangerang, Bekasi, dan Serpong Rp 8.000,” kata Kepala Daop I PT Kereta Api Indonesia (KAI) Purnomo Radiq, Senin (20/6), dalam diskusi yang digelar Asosiasi Penumpang Kereta Api (Aspeka).

Radiq mengatakan, apabila harga diterapkan per relasi, akan menyulitkan pelayanan.

Sekretaris Perusahaan PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ) Makmur Syaheran mengatakan, tarif ”jauh-dekat” sama karena ada biaya operasional minimal yang harus dibayarkan saat rangkaian kereta dijalankan.

Biaya produksi KRL AC koridor Bogor Rp 9.000 per penumpang, sedangkan koridor lain Rp 8.000. Biaya produksi itu meliputi berbagai pengeluaran, seperti listrik, perawatan kereta, dan petugas operasional. Apabila pemerintah ingin tarif lebih murah bagi rakyat, PT KAI dan PT KCJ siap membicarakan mekanisme subsidinya.

Ketika tiket elektronik diberlakukan tahun 2012, menurut Makmur, pola subsidi dibuat agar mereka yang tidak mampu dapat menikmati tarif subsidi.

Ketua Umum Aspeka Ahmad Safrudin menegaskan, pihaknya tidak kontra dengan penerapan single operation. ”Namun, siapkah operator dengan sarananya. Jumlah armada belum memadai untuk menerapkan headway antara 10-15 menit,” kata dia.

Di kesempatan terpisah, pengamat perkeretaapian Taufik Hidayat menilai pemerintah perlu ikut campur apabila merasa tarif KRL dengan pola baru ini terlampau tinggi.

”Tarif berdasarkan kilometer itu harus didukung subsidi lewat public service obligation (PSO) sehingga tarif per kilometer bisa ditekan. Namun, karena PSO tidak menjangkau commuterline, tarif KRL ditetapkan sama per koridor,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana yang sering menggunakan KRL ekspres menilai, ada dua hal yang perlu dicermati dalam penerapan single operation, yaitu masalah pelayanan dan mekanisme tarif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com