5 Keuntungan Bergigi Sehat

Kompas.com - 22/07/2011, 10:07 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Kita pasti sering mendengar anjuran untuk memelihara gigi dengan baik, mulai dari menyikat gigi minimal dua kali sehari hingga memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Itu semua bertujuan untuk menciptakan gigi yang sehat. Gigi merupakan salah satu garda depan terpenting yang dimiliki tubuh kita, karena semua yang masuk ke dalam usus praktis melewati gigi kita. Itu sebabnya gigi sehat dapat menurunkan risiko mengalami suatu kondisi yang parah.

Berikut adalah beberapa keuntungan lain memiliki gigi yang sehat.:

1. Jantung sehat 

Sebuah studi yang diterbitkan  the American Heart Association Journal Circulation menemukan, orang yang memiliki jumlah bakteri (yang menyebabkan infeksi pada gusi) tinggi, juga mengalami risiko aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Hal ini karena suatu penyakit tertentu yang menyebabkan bakteri di dalam mulut dapat memasuki aliran darah melalui gusi dan menempel pada plak yang berlemak, sehingga timbul penyumbatan yang dapat menyebabkan sakit jantung dan stroke.

2. Membantu menjaga kestabilan kadar gula darah

Penting bagi para penderita diabetes untuk menjaga kesehatan giginya. Pasalnya, penderita diabetes dapat mengalami penyakit periodontal, dimana penyakit tesebut memilki efek merugikan pada kadar gula seseorang menuju kondisi berbahaya.

3. Mencegah timbulnya gangguan pencernaan

Gigi mempunyai peran dalam proses fisik ketika mencerna makanan di dalam mulut, dibantu dengan enzim yang berperansebagai proses kimianya. Mereka bekerja sama menghancurkan makanan, sehingga mudah dicerna oleh usus. Setiap masalah dalam proses ini dapat menyebabkan kegagalan usus, iritasi usus, dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Melindungi memori

Menurut laporan pada the Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry, orang dewasa dengan radang gusi (bengkak, gusi berdarah) cenderung menperoleh hasil buruk dalam tes memori dan kemampuan kognitif dibandingkan dengan rekan-rekan mereka.

5. Meningkatkan rasa percaya diri 

Hal yang pertama diingat dari sesorang adalah ketka orang tersebut tersenyum. Akan tetapi sangat sulit bagi orang tersebut untuk tampil dengan baik, jika gigi-nya berubah warna atau bernoda. Tampil dengan gigi cemerlang dapat menimbulkan perasaan yang mneyenangkan, sehingga meningkatkan kepercayaan diri, citra diri, dan harga diri.(M10-11)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.