9 Makanan Pengganti Yogurt

Kompas.com - 04/08/2011, 16:08 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Jika menyebut tentang makanan yang mengandung probiotik, orang selalu teringat akan yogurt. Padahal, yogurt bukan satu-satunya makanan probiotik. Jika Anda tidak dapat menemukan yogurt untuk konsumsi sehari-hari, masih banyak pilihan makanan yang mengandung suplemen bakteri hidup yang mampu memperbaiki keseimbangan di dalam usus ini. Berikut contohnya.

Tempe
Tempe bisa menjadi lauk untuk teman makan nasi, bisa juga menjadi cemilan. Anda bisa menggoreng, membakar, atau menumisnya, semuanya lezat. Meskipun harganya murah, tempe sangat bergizi. Makanan yang mengandung vitamin B12 ini bisa menjadi pengganti daging, sementara kandungan probiotiknya bisa menyehatkan pencernaan.

Susu kedelai
Kedelai sendiri pada dasarnya mengandung beberapa manfaat probiotik. Beberapa produk susu kedelai yang tersedia di pasaran sekarang ini telah menambahkan kadar bakteri aktifnya. Seperti juga saat membeli yogurt, pastikan pada label kemasan tertera informasi “live and active cultures”.

Sup miso
Salah satu hidangan Jepang ini merupakan sup yang dibuat dari kaldu sayuran, dengan isi berupa tofu dan sedikit sayuran. Secara keseluruhan menjadi hidangan yang rendah kalori, namun kaya akan probiotik dan protein. Sup miso jauh lebih sehat daripada sup krim, apalagi yang kemasan kaleng siap saji.

Teh kombucha
Jenis teh ini biasanya bisa diperoleh di toko-toko makanan kesehatan. Kombucha sendiri termasuk teh hitam yang diketahui dapat meningkatkan energi dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Anda bisa menyajikannya panas maupun dingin.

Kefir
Teksturnya lebih encer dan rasanya lebih asam daripada yogurt, sehingga Anda mungkin akan menilainya lebih mirip susu asam daripada yogurt. Dari kefir Anda juga bisa mendapatkan manfaat probiotik dan vitamin untuk pencernaan. Sama seperti yogurt, sebaiknya Anda mengonsumsi kefir yang tawar. Tambahkan buah-buahan atau kacang untuk memberikan cita rasa yang berbeda.

Susu
Ada beberapa produk susu di pasaran yang belakangan ini menambahkan probiotik ke dalamnya. Beberapa penelitian melaporkan bahwa susu probiotik bisa saja menyebabkan kembung dan gas di dalam perut, yang umumnya terjadi pada anak-anak dan kaum lanjut usia.

Acar
Ketika Anda membeli nasi goreng, mi goreng, atau hidangan China yang diberi tambahan acar, jangan langsung membuangnya karena tidak suka. Ada juga kok, acar yang tidak terlalu asam -bahkan cenderung manis- sehingga bisa dikudap langsung. Acar mengandung cukup banyak jumlah probiotik yang berguna untuk kesehatan pencernaan.

Kimchi
Ketika Anda bersantap di restoran Korea, biasanya akan disajikan berbagai pilihan kimchi hingga semeja penuh jumlahnya. Setelah Anda puas mengudapnya, barulah hidangan utama disajikan. Kimchi yang masih kental cita rasa Koreanya memang cenderung lebih asam dan pedas. Namun sayuran yang difermentasi ini kaya akan vitamin, kalsium, dan probiotik, sehingga sebaiknya tidak melewatkannya saat disajikan di atas piring Anda.

Sauerkraut
Hidangan khas Jerman yang bisa digambarkan sebagai acar kol ini biasanya disajikan seperti salad, yang menemani hidangan utamanya. Anda juga bisa menambahkan sauerkraut ke dalam hot dog atau hidangan ikan yang Anda masak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.