Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-4, Penumpang di Jaktim Capai 30.000 orang

Kompas.com - 26/08/2011, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penumpang mudik yang berangkat melalui terminal bus antarkota di Jakarta Timur pada H-4, Jumat (26/8/2011), diperkirakan mencapai jumlah 30.000 orang.

Perkiraan itu diperoleh dari perbandingan peningkatan jumlah penumpang tiga hari terakhir yang didata Traffic Management Center (TMC) Jakarta Timur.

"Total jumlah penumpang berangkat di empat terminal bus dan di Jakarta Timur cenderung meningkat dua kali lipat dalam tiga hari terakhir," kata Ajun Inspektur Satu Sugiharto, operator TMC Jaktim, kepada Kompas.com.

Dari sekitar 15.000 penumpang pada H-5, diprediksi hari ini total penumpang mudik akan mencapai 30.000 orang. Dia mencontohkan, total penumpang berangkat di empat terminal bus antarkota antarprovinsi pada H-6 mencapai 7.773 orang.

Angka tersebut meningkat dua kali lipat dari total penumpang pada hari sebelumnya. Sementara pada H-5, total penumpang berangkat dari keempat terminal bus sudah mencapai angka 15.976 orang.

Karena itu, diprediksi jumlah penumpang pada H-4 akan berkisar 30.000 penumpang. "Jumlah pastinya nanti malam," kata Sugiharto.

Dari keempat terminal bus antarkota antarprovinsi di Jaktim, jumlah penumpang mudik terbesar berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, disusul Terminal Pulogadung, Terminal Rawamangun, dan terakhir Terminal Pinang Ranti.

Data pada H-5, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan adalah 7.017 orang, dengan 562 bus. Terminal Pulogadung memberangkatkan 4.588 penumpang dengan 562 bus. Terminal Rawamangun memberangkatkan 107 bus dengan jumlah penumpang 3.238 orang. Adapun Terminal Pinang Ranti memberangkatkan 1.133 penumpang dengan 107 bus.

Menurut dia, peningkatan juga bisa dipastikan karena para karyawan dan pegawai akan memasuki hari libur akhir pekan mulai Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com