Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HIV/AIDS Masuk ke Boven Digoel

Kompas.com - 25/09/2011, 16:53 WIB

BOVEN DIGUL, KOMPAS.com - Penyakit yang ditakuti banyak orang, HIV/AIDS, kini sudah menyebar ke Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, kabupaten di wilayah perbatasan dengan Papua Nuigini. Hingga September 2011, tercatat sebanyak 13 warga Boven Digoel positif mengidap HIV/AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel, Viviana Maharani Pradotokoesoemo, di Boven Digul, Minggu (25/9/2011), menduga HIV/AIDS masuk ke Boven Digoel terbawa oleh para penderita yang sebelumnya tertular di Merauke.

Merauke adalah salah satu kabupaten di Papua dengan jumlah penderita HIV/AIDS tinggi. Jumlah penderita hingga bulan Maret 2011 tercatat sebanyak 1.283 orang.

"Sekarang ini kan mobilitas penduduk di Boven Digoel ini sangat tinggi. Akhirnya HIV/AIDS pun masuk juga ke Boven Digoel, kata Viviana.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Boven Digoel, Syahib, mengungkapkan pada tahun 2006 dari zero survei diketahui jumlah pengidap HIV/AIDS 4 orang. Namun, lima tahun berikutnya sudah menjadi 13 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com