Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Bahagia Setelah Berhenti Merokok

Kompas.com - 17/12/2011, 10:53 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Tidak hanya kualitas kesehatan fisik yang meningkat, para perokok yang sudah meninggalkan kebiasaan buruknya itu juga mengaku kualitas psikis mereka kini menjadi lebih baik.

"Berhenti merokok memang sulit. Namun, setelah kita berhasil melakukannya, ada banyak keuntungan tak terduga yang dirasakan," kata ketua peneliti Megan E.Piper.

Dalam penelitian yang dilakukannya terungkap bahwa tiga tahun setelah berhenti merokok, para partisipan studi melaporkan bahwa kini mereka lebih sedikit merasa stres dan mood mereka jauh lebih stabil dibandingkan saat masih menjadi perokok.

Piper mengatakan, ia dan timnya sengaja membuat penelitian untuk membuktikan secara ilmiah pendapat orang yang menyebutkan bahwa berhenti merokok membuat perasaan menjadi lebih baik.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah meminta partisipan studi untuk menggambarkan kualitas hidup mereka. Kemudian dibandingkan trennya dengan orang yang sudah berhenti dengan kelompok yang masih merokok.

Para peneliti melakukan survei terhadap 1.504 orang dari Wisconsin, Amerika Serikat. Sekitar 58 persen adalah perempuan dan 84 persen responden orang kulit putih.
Responden dibagi ke dalam enam kelompok, yakni mereka yang menggunakan koyo (patch) nikotin, nikotin lozenges, obat, serta kombinasi obat dan placebo. Semuanya mendapatkan konseling untuk meningkatkan motivasi berhenti merokok.

Kemudian, para responden itu diikuti selama tiga tahun pascaberhenti merokok dan diperiksa contoh darahnya untuk memastikan mereka benar-benar berhenti. Mereka juga diwawancara tentang kepuasan hidup dan hubungan dengan orang lain.

Secara umum, kualitas hidup agak turun pada semua kelompok, baik pada yang berhenti maupun yang masih merokok. Namun, angka kejadian stres orang yang berhenti merokok lebih rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+