Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangkat Desa Minta Diangkat Jadi PNS

Kompas.com - 02/02/2012, 11:35 WIB
Anita Yossihara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejumlah perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menemui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Marzuki Alie. Mereka meminta DPR turut memperjuangkan pengangkatan perangkat desa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kami berharap Pak Marzuki dapat memperjuangkan agar perangkat desa diangkat menjadi PNS," kata Ketua PPDI Ubaidillah Rosidi saat bertemu dengan Marzuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2012).

Selama ini, perangkat desa menjadi ujung tombak pemerintahan di desa-desa. Para perangkat desa bekerja melaksanakan program-program pemerintah, dan menjadi ujung tombak pelayanan kepada masyarakat.

Ubaidillah menegaskan, tuntutan pengangkatan perangkat desa menjadi PNS bukan semata-mata karena perangkat desa menginginkan gaji dari APBN. Perangkat desa hanya ingin mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari negara.

Selama ini, para perangkat desa tidak memiliki pendapatan yang merata. Pendapatan disesuaikan dengan kebijakan di tiap-tiap daerah. Ada yang hanya mendapatkan tanah "bengkok", ada yang mendapatkan Rp 300.000 per bulan, dan ada pula yang hanya menerima Rp 100.000 per bulan.

Menanggapi tuntutan itu, Marzuki yang didampingi Wakil Ketua Komisi II, Taufik Effendi, berjanji akan turut memperjuangkan tuntutan perangkat desa menjadi PNS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com