Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Bikin Tulang Kuat dan Padat

Kompas.com - 18/02/2012, 10:58 WIB

Kompas.com - Masa depan tulang sesungguhnya ditentukan pada masa anak-anak dan remaja. Selain mengonsumsi kalsium, berolahraga secara teratur akan membuat tulang padat, kuat dan awet sampai masa tua.

Dalam jurnal kesehatan Journal of Bone dan Mineral Research para peneliti menemukan peningkatan kepadatan tulang, khususnya di bagian pinggul, lengkan, kaki, serta tulang belakang pada 800 pria Swedia berusia 19-24 tahun yang rajin berolahraga. Sementara itu pada mereka yang kurang beraktivitas fisik pada periode remaja sampai dewasa muda, lebih beresiko menderita kerapuhan tulang.

Seperti diketahui, peningkatan pembangunan tulang yang terjadi selama masa anak-anak hingga dewasa muda, dapat mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis di kemudian hari.

"Mereka yang dapat meningkatkan atau mempertahankan tingkat aktivitas fisik cenderung mendapatkan tulang yang lebih besar dan padat pada lengan dan kaki bagian bawah," kata penulis studi, Mattias Lorentzon, dari Sahlgrenska Academy Centre.

"Temuan ini menunjukkan bahwa dengan mempertahankan, atau idealnya, meningkatkan aktivitas fisik dapat meningkatkan pertumbuhan tulang pada orang dewasa muda, yang mungkin mengurangi risiko patah tulang di kemudian hari," jelasnya.

Hampir semua jenis olahraga baik untuk tulang. Mulai dari yang sederhana seperti joging, berjalan kaki, naik tangga atau lompat tali, sampai olahraga permainan semacam sepakbola, tenis, atau bola basket. Lakukan secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com