Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Positif Hamil di Masa Menyusui, Stop ASI atau Lanjut?

Kompas.com - 01/03/2012, 10:08 WIB

TANYA :

Apabila ada seorang ibu yang  masih menyusui anaknya yang berusia  kurang dari  1 tahun, lalu ibu tersebut kemudian dinyatakan hamil, apakah yang sebaiknya dilakukan? Menyapih anak pertamanya, atau tetap meneruskan menyusui? Mohon penjelasannya. Terima Kasih

(Astri, 30, Bogor)


JAWAB:

Hai mom Astri, wah senangnya seorang ibu apabila dipercayakan kembali oleh Yang Maha Kuasa untuk mendapat titipan berharga berupa seorang anak. Apabila si ibu masih menyusui dan ternyata sudah hamil kembali, silahkan kegiatan menyusuinya diteruskan, apalagi kalau bayinya masih dibawah 6 bulan (masa ASI eksklusif).

Apabila bayi sudah berusia di atas 6 bulan, tentu sudah mendapatkan MPASI ya, semakin melengkapi kebutuhan energi dan nutrisi bayi. Menyusui di kala sedang hamil (nursing while pregnant) bisa dilakukan asalkan ibu tidak ada riwayat keguguran, kelahiran prematur dan ibu serta janin dalam keadaan sehat.

Nanti kalau si adik sudah lahir, ibu bisa melakukan tandem nursing, yaitu menyusui kakak dan adik secara bersamaan, sehingga memperkenalkan konsep berbagi, berlaku adil sejak sedini mungkin serta mengurangi sibling rivalry atau persaingan antar kakak dan adik...bukankah hal ini justru dianjurkan? Salam ASI!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com