Masturbasi Perawan

Kompas.com - 04/06/2012, 10:27 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya perempuan single. Pertama kali saya melakukan hubungan intim dengan pacar saya, tidak berhasil karena tiba-tiba saya merasa takut . Tetapi karena merasa tanggung akhirnya jari pacar saya yang masuk ke dalam organ intim sampai saya orgasme. Sejak saat itu, saya jadi ketagihan. Kadang dengan jari saya sendiri . Pertanyaannya : Apakah dengan cara itu saya akan mengalami risiko atau bahaya kesehatan? Apakah saya juga berisiko tidak perawan lagi? Apakah kebiasaan saya ini termasuk gangguan seks? Saya mohon jawaban dari dokter. Terima kasih. 

(Ryanti, 38 Solo)

 

JAWAB :

Masturbasi yang Anda lakukan tidak berbahaya bagi kesehatan, apalagi hanya menggunakan jari. Kebiasaan melakukan masturbasi, apalagi bagi yang belum menikah atau belum mempunyai pasangan seksual, bukanlah suatu gangguan seksual.

Perilaku seksual ini wajar dan umum dilakukan, baik oleh pria atau pun perempuan. Mengenai istilah perawan, ini berarti orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Dalam pengertian ini, tidak termasuk masturbasi. Jadi karena Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, berarti Anda masih perawan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.