Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunkan Sahur, Diupah Kopi dan Gula...

Kompas.com - 26/07/2012, 10:07 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Hanya dengan peralatan musik "dapur", gabungan pelajar dan mahasiwa Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, membangunkan warga yang terlalap untuk makan sahur. Berjalan sekira 15 kilometer memasuki gang-gang di depan rumah warga, kelompok yang menamakan diri "Pa Teddu Subuh" ini, membawakan lagu ciptaan mereka sendiri.

Mendendangkan lagu pelan tapi pasti, mereka membantu membangunkan warga. "Setiap tahunnya di bulan puasa, kami melakukan Teddu Subuh (Gerebek Sahur), menyanyikan lagu ciptaan kami sendiri, agar warga yang masih tertidur agar segera sahur," ujar Anche, Koordinator Gerebek Sahur, Kamis (25/7/2012) subuh tadi.

Dengan kegiatan ini, warga Kecamatan Ujung, khususnya Kelurahan Lapadde, merasa terbantu. Suryani (50), seorang ibu rumah tangga di Perumahan Jawi-jawi merasa sangat senang, sebab setiap pukul 2.30 rombongan tersebut melintas di sekitar rumahnya. "Saat mereka membangunkan warga, saya sekeluarga merasa terbantu. Saya selaku ibu rumah tangga, bisa bangun lebih awal untuk mempersiapkan makan sahur keluarga," ujarnya.

Menurut Suryani, kelompok gerebek sahur tersebut, biasanya hanya diupah dengan kopi dan gula, buat keperluan gerebek sahur malam berikutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com