Kompas.com - 08/09/2012, 17:49 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ambeien, juga dikenal dengan wasir atau hemorrhoid dalam bahasa Inggris dan Latin, adalah penyakit atau gangguan pada anus. Gangguan berupa sphinchter ani atau bibir anus mengalami pembengkakan, kadang disertai perdarahan.

Pembengkakan disebabkan adanya kenaikan tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan rektum. Sejalan dengan meningkatnya tekanan, darah berkumpul di pembuluh darah, memicu pembengkakan, akhirnya pembuluh darah yang bengkak itu menyebar ke jaringan di sekitarnya dan terjadilah ambeien.

Perdarahan ketika buang air besar, gatal dan rasa sakit di daerah anus adalah gejala umum ambeien.

- Ambeien eksternal: Sakit di daerah anus. Darah terkumpul di bawah kulit, membentuk benjolan keras dan sakit jika disentuh.

- Ambeien internal: Perdarahan pada anus. Mungkin ada bercak darah di toilet setelah buang air besar.
Gejala lain ambeien internal adalah gatal sebab ambeien jenis ini kadang menyerap lendir yang dapat membuat kulit sekitar anus menjadi gatal.

Iritasi pada kulit. Ambeien berukuran besar yang menonjol di anus mungkin mengeluarkan lendir yang bisa menyebabkan iritasi ringan.

Rasa sakit. Kebanyakan ambeien internal tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika ukurannya besar, bisa timbul rasa sakit bila ambeien tertekan otot yang mengendalikan anus. Rasa sakit yang amat sangat bisa jadi pertanda berhentinya suplai darah ke ambeien. Perawatan diperlukan untuk hal tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.