Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Anggota Sindikat Narkoba Inggris Disidang

Kompas.com - 08/10/2012, 17:03 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Rachel Lisa Dougall (39) salah seorang dari 4 anggota sindikat narkoba asal Inggris menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Denpasar, Senin (8/10/2012).

Rachel yang merupakan istri Julian Anthony Ponder, terdakwa lainnya, didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putu Astawa pasal 112 ayat 2 dan pasal 131 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

"Kalau pasal 112 ayat 2 hukumannya 12 tahun, sedangkan pasal 131 hukuman maksimal 1 tahun dan denda Rp 50 juta," ujar Putu Astawa usai sidang.

Dengan dakwaan tersebut, untuk sementara waktu Rachel dapat bernafas lega terlepas dari jeratan hukuman mati karena tidak terlibat langsung dalam penyelundupan 4,7 kilogram kokain yang dibawa oleh Lindsay June Sandiford, terdakwa lain dengan berkas terpisah.

JPU hanya mendakwa Rachel atas kepemilikan 45,05 gram kokain yang ditemukan di dalam tempat tinggalnya saat penggeledahan tanggal 25 mei silam oleh petugas Dir Narkoba Polda Bali. Saat itu polisi menggeledah rumah Rachel setelah menangkap suaminya Julian Anthony Ponder yang diduga terlibat penyelundupan 4,7 kilogram kokain.

Saat diminta Majelis Hakim untuk menanggapi dakwaan ini, Rachel menyerahkannya kepada kuasa hukum yang mendampinginya dalam persidangan tadi. "Kami menerima dakwaan tersebut," ujar Ari Sunardi, kuasa hukum Rachel kepada Ketua Majelis Hakim Jhon Tony Hutahuruk.

Dalam sidang selanjutnya yang digelar pada 14 Oktober pekan depan, Majelis hakim langsung memeriksa saksi setelah Rachel tidak mengajukan eksepsi atau nota keberatan.

 Seperti diberitakan, anggota sindikat ini terbongkar setelah petugas bea cukai menangkap Lindsay June Sandiford di Bandara Ngurah Rai, 19 Mei silam karena membawa 4,7 kilogram kokain dari Thailand. Setelah dikembangkan, polisi berhasil membekuk rekan-rekan Lindsay yakni Julian Anthony Ponder, Rachel Dougall dan Paul Beales pada 25 Mei di sejumlah tempat berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com