Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pelantikan Jokowi, Hindari Jalan Kebon Sirih

Kompas.com - 13/10/2012, 06:31 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan tidak akan melakukan penutupan jalan ataupun mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, pada saat prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10/2012) mendatang. Namun, ada baiknya para pengendara menghindari jalan tersebut jika tidak berkepentingan.

Menurut Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalulintas Dishub DKI Jakarta Benhard Hutajulu, Jalan Kebon Sirih tak ditutup karena merupakan kawasan perkantoran.

"Kalau Jalan Kebon Sirih ditutup, tentu akan merugikan banyak pihak, mengingat di kawasan itu juga banyak perkantoran pemerintah maupun swasta," tutur Benhard, Jumat (12/10/2012).

Meski begitu, dengan banyaknya warga yang ingin menyaksikan langsung pelantikan di Gedung DPRD DKI Jakarta, kemungkinan jalan tersebut akan macet. Untuk mengantisipasinya, warga yang tidak perlu melintas sebaiknya menghindari Jalan Kebon Sirih pada pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

Menurutnya, polisi dan Dishub DKI Jakarta juga berjaga-jaga di kawasan tersebut untuk mengatur arus lalu lintas. Jumlahnya, kata Benhard, mencapai ratusan personel.

Mereka bertugas mengatur lalu lintas di titik kemacetan. Seperti di sepanjang Jalan Kebon Sirih, perempatan Kebon Sirih-Jalan Sabang, perempatan Tugu Tani, dan perempatan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Pengguna jalan dari arah Jalan Kebon Sirih depan Bank Indonesia yang lurus menuju arah Tugu Tani akan diarahkan belok kiri menuju jalan MH Thamrin dan berputar di Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Merdeka Selatan-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani.

Adapun pengguna jalan dari arah Jalan Medan Merdeka Barat yang menuju arah Tugu Tani melewati Jalan Kebon Sirih diarahkan belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani.

Selanjutnya, pengguna jalan dari arah Jalan Agus Salim yang menuju arah Tugu Tani diarahkan melewati Jalan Wahid Hasyim-Tugu Tani.

"Masyarakat yang menghadiri acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta harap untuk memarkirkan kendaraan di area parkir IRTI Monumen Nasional, Monas," ujar Benhard.

Berita terkait dapat diikuti di Lipsus Jakarta1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com