Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2012, 16:06 WIB

Kompas.com - Anak berusia kurang dari 6 tahun disarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan total waktu sedikitnya 3 jam setiap hari untuk mencegah obesitas. Rekomendasi tersebut disampaikan oleh para ahli dari tiga negara.

Pada tahun 2010, Departemen Kesehatan Australia menyarankan untuk balita dan anak usia prasekolah untuk aktif bergerak sedikitnya 3 jam setiap hari yang dibagi dalam berbagai aktivitas sepanjang hari.

Institute of Medicine, Amerika Serikat, di tahun 2011 juga merekomendasikan pentingnya aktivitas fisik yang ringan, moderat, dan keras, selama 15 menit dalam periode satu jam atau sama dengan 3 jam setiap hari. Rekomendasi itu ditujukan untuk anak yang terjaga 12 jam setiap hari. Tak jauh berbeda, lembaga kesehatan di Inggris juga memberi rekomendasi serupa.

"Ketiga panduan tersebut memiliki rekomendasi yang serupa bahwa anak-anak usia prasekolah harus aktif bergerak dengan total waktu 3 jam setiap hari," tulis Russell Pate dan Jennifer O'Neil, keduanya dari Universitas South Carolina, Columbia, AS.

Angka obesitas pada anak usia 2-5 tahun meningkat secara dramatis sejak tahun 1970-an. Di Amerika saja, 26,7 persen anak usia tersebut tergolong obesitas.

Memang belum ada penelitian yang bisa membuktikan secara pasti berapa banyak aktivitas fisik yang diperlukan anak untuk mencegah obesitas. Namun, waktu 3 jam setiap hari dianggap cukup untuk kebugaran dan kesehatan.

Pada tahun 2008, pemerintah AS secara resmi menyarankan aktivitas fisik dengan total waktu 60 menit setiap hari bagi anak usia 6-17 tahun dan 30 menit setiap hari untuk orang dewasa.

Dampak obesitas pada kesehatan anak sudah lama diketahui, mulai dari peningkatan risiko penyakit kardiovaskular di usia dewasa, gangguan hormon, hingga penurunan kemampuan belajar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com