Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehat dan Ceria dengan Golf

Kompas.com - 22/10/2012, 10:12 WIB

TAK hanya orang yang mahir saja bisa menikmati golf. Pemula sekalipun bisa memukul bola putih tersebut. Cobalah sensasi baru menikmati akhir pekan bersama keluarga di lapangan latihan golf. Selain badan sehat, jiwa disegarkan pemandangan hamparan hijau rumput.

Memang susah-susah gampang mengayunkan tongkat golf. Begitu posisi kaki benar, mata fokus pada bola, lalu tubuh berayun seirama dengan tongkat golf, maka ayunan memukul bola menjadi terasa ringan. Bola pun melambung jauh.

Lapangan golf tidak selamanya hanya untuk pegolf tangguh. Di sebagian lapangan golf juga tersedia area latihan atau driving range yang bisa menjadi ”bengkel” untuk memperbaiki posisi tubuh ataupun ayunan golf. Driving range ini bisa jadi tempat yang asyik untuk wisata akhir pekan.

Jakarta Golf Club di Rawamangun, Jakarta Timur, juga menyediakan driving range yang cukup luas. Disediakan 54 tempat berlatih di lapangan golf tertua di Jakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1937 tersebut. Di akhir pekan, tak hanya kalangan eksekutif muda dan orang tua yang berlatih di sini, tetapi juga keluarga yang membawa serta anak-anaknya.

Salah satunya Jeni (60). Dia selalu memboyong anak, menantu, dan dua cucunya berlatih golf di driving range Jakarta Golf Club setiap akhir pekan. Katanya, biar anak dan cucunya juga bisa bermain golf. Dalam sepekan, nenek yang masih cantik ini bisa dua sampai tiga kali berlatih golf di sana.

”Kalau bawa anak dan cucunya, kan, jadi lebih seru. Bisa kumpul keluarga, sekaligus olahraga,” kata Jeni.

Di Jakarta Golf Club, biaya berlatih di driving range bervariasi, mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 75.000, tergantung dari lama jam berlatih. Setiap orang akan diberi 50 sampai 100 bola.

Bagi yang serius berlatih golf, di area ini juga disediakan jasa untuk menyetel tongkat golf sehingga tongkat yang digunakan nyaman digunakan. Disediakan pula toko-toko yang menjual peralatan golf dengan produk yang beragam.

Pada hari biasa, seusai pulang kerja, beberapa pengunjung memanfaatkan suasana tenang driving range untuk duduk dan ngobrol santai bersama teman. Segelas es teh manis menyempurnakan latihan golf di sore Jakarta yang hangat.

Bagi yang telah ahli bermain golf bisa langsung menuju arena permainan golf sesungguhnya, yang juga dikenal sebagai lapangan golf Rawamangun. Areal golf seluas 40 hektar ini dilengkapi 18 hole sambil menikmati taman dan pepohonan yang ditata apik.

Didirikan di masa kolonial

Dengan pemandangan alam yang indah, Bogor Golf Club di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, bisa juga menjadi pilihan menarik. Terletak di sisi utara Gunung Salak, dengan hawa sejuk, berlatih golf tak hanya untuk olahraga, tetapi juga relaksasi. Saat cuaca cerah, kemegahan Gunung Salak dapat dinikmati dari area Bogor Golf Club ini.

Bagi pemula, tempat golf ini juga menyediakan penyewaan tongkat golf. Namun, pengunjung harus membawa sarung tangan atau bisa membeli di lokasi ini.

Luas Bogor Golf Club 9 hektar dengan 9 hole. Tersedia 7 driving range. Lapangan golf ini terbilang cukup tua karena pertama kali didirikan tahun 1935 semasa kolonial Belanda.

”Tapi, bangunan kunonya sudah habis semua. Hanya ada pohon-pohon besar peninggalan dulu,” kata Awih (50), pelatih di golf di Bogor Golf Club, Kamis (18/10/2012).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com