Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Mendengkur Sejak Bayi, Perlukah Pemeriksaan?

Kompas.com - 27/10/2012, 06:14 WIB

TANYA :

Dok, anak saya laki-laki usia 5 tahun 7 bulan. Sejak bayi, anak saya tidur mendengkur. Awalnya, saya kira karena masih ada lendir/cairan di tenggorokannya yang tidak bersih setelah dilahirkan. Namun, hingga kini anak saya mendengkur, baik ketika dia batuk pilek (flu), maupun ketika kondisi tubuh sehat. Tinggi badannya 98 cm, berat 20 kg. Setiap kontrol ke dokter spesialis anak, selalu dikatakan paru-paru bersih. Apakah perlu pemeriksaan lebih lanjut?

(Santi Rahayu, 36, Depok)

JAWAB:

Dear Ibu Santi,

Jika melihat perbandingan antara inggi badan dan berat badan, anak Ibu tampaknya memang berat badannya berlebih.  Kasus mendengkur pada anak sebagian besar disebabkan karena amandel yang besar.

Jadi, saya sarankan ada baiknya kalau anak Ibu segera dikonsultasikan dulu pada dokter THT untuk mencari kemungkinan penyebab mendengkurnya. Dengan begitu, penanganan dan diagnosanya akan lebih tepat.  Semoga jawabannya berkenan.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com