Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Manokwari, Pengidap HIV/AIDS Dominan Ibu-ibu

Kompas.com - 09/11/2012, 16:59 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com — Ibu rumah tangga menjadi kelompok yang paling rentan terjangkit HIV/AIDS. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menyebutkan, hingga Mei 2012 lalu tercatat 172 orang yang berstatus sebagai ibu rumah tangga  di Manokwari positif mengidap HIV. Bahkan, 58 orang di antaranya sudah pada tahap AIDS.

"Mereka yang terjangkit itu tertular dari suami mereka sendiri," kata Kepala Dinas Kesehatan Manokwari Drg Hendri Sembiring, Jumat (9/11/2012).

Sementara itu, jumlah terbanyak kedua ditempati oleh pekerja seks komersial (PSK) sebanyak 100  penderita, lima di antaranya telah mengidap AIDS. Diikuti oleh pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 82 penderita, 33 di antaranya mengidap AIDS.

Hendri mengatakan, penyebaran HIV/AIDS di Manokwari sebagian besar terjadi karena perilaku seks tidak aman. Hanya sebagian kecil  yang tertular atau terjangkit melalui jarum suntik, penularan dari ibu kepada anak dalam kandungan, dan penularan melalui transfusi darah.

Meminimalkan jumlah penderita HIV/AIDS, Pemerintah Kabupaten Manokwari telah membuat dan disahkan oleh DPRD Manokwari, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tentang penanggulangan HIV/AIDS. Perda itu telah disahkan sejak 7 tahun silam. Hanya saja implementasinya yang belum maksimal diterapkan. "Implementasi dari perda ini yang belum maksimal. Tapi, kami terus berupaya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com