Kompas.com - 21/12/2012, 13:33 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Jumlah dan ukuran sel sperma selama ini menjadi fokus penelitian bidang kesuburan pria. Padahal dalam riset terbaru terungkap bahwa variasi dari panjang sperma juga berbengaruh pada keberhasilan pembuahan.

Menurut James Mossman dari Brown University di Rhode Island, AS, pria yang memiliki sedikit variasi ukuran sperma cenderung memiliki konsenstrasi sperma berkualitas tinggi lebih banyak.

Mossman dan timnya yang melaporkan risetnya dalam jurnal Human Reproduction, mengatakan pengukuran panjang sperma bisa menjadi petunjuk pada fungsi testis dan proses pembentukan sel sperma yang matang.

Ia menjelaskan pria yang menghasilkan panjang sperma yang bervariasi bisa menjadi masalah. "Memang masih perlu riset untuk mengenali hal itu, termasuk mengetahui mengapa pria yang menghasilkan sperma dalam jumlah banyak juga menghasilkan sperma berkualitas," katanya.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisa hasil pemeriksaan cairan mani 103 pria. Mereka menemukan kaitan antara variasi ukuran panjang sperma, terutama ekor sperma, dengan konsenstrasi sel sperma yang bisa berenang dengan baik.

Untuk mencapai sel telur, diperlukan sel sperma yang memiliki ketahanan dibanding kecepatan. Karena itu hanya sel sperma yang berkualitas tinggi saja yang mampu mencapai sel telur dan melakukan pembuahan. Memiliki sel sperma dengan variasi ukuran panjang lebih sedikit berarti memiliki sperma yang bisa berenang dengan baik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.