Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2013, 10:30 WIB

TANYA:
 
Halo dok, saya memiliki anak laki-laki usia 4 tahun. Saya curiga ia menderita alergi obat karena pada saat demam dan diberi penurun panas jenis ibuprofen ia langsung ruam-ruam dan matanya sampai bengkak.  Sudah saya bawa ke dokter dan diberi antihistamin, ruam dan bengkaknya hilang. Tetapi oleh dokter ia tidak diberi rujukan utk tes alergi. Saya ingin bertanya, perlukah ia tes alergi? Seberapa besar akuratnya? Terima kasih jawabannya.
(Disti, Depok)

JAWAB:

Kemungkinan besar ia memang alergi terhadap obat yang mengandung ibupfrofen, sehingga sangat dianjurkan untuk menghindari obat tersebut dikemudian hari. Kasus ini memang tidak pernah bisa diprediksikan sebelumnya apakah seseorang (anak) alergi terhadap suatu obat atau tidak, sehingga yang dibutuhkan adalah pengawasan dan perhatian yang lebih bila si kecil mengkonsumsi obat apapun, sehingga bila timbul reaksi yang diduga karena alergi terhadap obat tertentu dapat segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sampai dengan saat ini belum ada jenis tes alergi terhadap obat-obatan, yang ada adalah terhadap bahan-bahan yang diperkirakan sering menyebabkan reaksi alergi seperti (ekstrak) udang, bulu hewan, tungau, dan sebagainya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com