Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2013, 09:46 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda ingin mempertahankan kemampuan Anda untuk dapat berjalan dengan cepat, maka sebaiknya sejak dini Anda perlu untuk menjaga lemak di bagian paha. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa lemak paha mungkin menjadi penyebab perlambatan kecepatan berjalan di kemudian hari.

Menurut studi oleh tim dari Wake Forest Baptist Medical Center yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang dengan lemak paha yang banyak akan lebih mungkin kehilangan mobilitas saat beranjak tua.

Kristen Beavers, penulis utama studi tersebut menjelaskan, orang dewasa dengan lemak paha lebih banyak daripada ototnya memiliki risiko terbesar untuk mengalami penurunan klinis dalam kecepatan berjalan.

"Ketidakmampuan fisik akan mengganggu aktivitas serta membutuhkan biaya yang mahal sehingga dibutuhkan pencegahan untuk faktor yang dapat dimodifikasi dalam mengembangkan penurunanan kemampuan fungsional. Hal ini juga menjadi prioritas dalam penelitian kesehatan masyarakat," kata Beavers.

Menurut Beavers, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan hasil dari temuan ini. "Penelitian selanjutnya perlu dilakukan untuk menentukan apakah ada perbaikan hasil dalam kecepatan berjalan setelah melakukan pengurangan lemak dan penambahan otot pada paha dari usia yang lebih muda.

Kecepatan berjalan secara umum berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kecepatan berjalan yang menurun memiliki risiko tinggi untuk menderita cacat fisik, bahkan kematian.

Sayangnya, tidak banyak yang diketahui tentang apa yang menyebabkan penurunan kemampuan berjalan secara spesifik. Kendati demikian, para peneliti berspekulasi bahwa hal ini terakit dengan perubahan komposisi tubuh yang dipengaruhi penuaan. Hal ini dapat menyebabkan akumulasi lemak di sekitar otot dan berhubungan dengan melambatnya kecepatan berjalan.

Studi yang melibatkan 2.306 pria dan wanita dengan usia rata-rata 74,6 tahun ini menggarisbawahi bahwa pencegahan dengan menaikan massa otot serta mengurangi lemak sedari muda dapat berpengaruh besar pada penurunan kemampuan berjalan di kemudian hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com