Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2013, 11:06 WIB

Kompas.com - Mungkin tidak mengejutkan ketika Anda dapat menyelesaikan tugas lebih mudah ketika ada motivasi ekonomi di balik itu. Ternyata hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Sebuah studi baru mengindikasikan bahwa program penurunan berat badan akan terasa lebih ringan ketika ada nilai uang disisipkan untuk setiap kilogram pengurangan berat badan. Barangkali itu sebabnya mengapa dalam kontes-kontes penurunan berat badan di televisi sebagian besar pesertanya lebih cepat langsing, terutama jika hadiah yang ditawarkan cukup besar.

Studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic mengukur kesuksesan program pengurangan berat badan berbasis insentif. Para peneliti melibatkan peserta yang dibagi dalam empat program penurunan berat badan, yang dua di antaranya menawarkan insentif sedangkan yang lainnya tidak, selama setahun.

Semua peserta diberi target untuk dapat mengurangi sekitar 1,8 kg per bulan. Peraturan untuk program berbasis insentif, bagi peserta yang mampu mencapai target mendapatkan uang sebesar 20 dollar per bulan, dan bagi mereka yang tidak harus membayar sejumlah yang sama.

Hasilnya, peserta yang ada dalam program berbasis insentif sangat lebih mungkin untuk mencapai target bulanan penurunan berat badan, dibandingkan mereka yang ada dalam program non-insentif.

Mereka yang berhasil mendapatkan uang rata-rata berhasil mengurangi berat badan sebanyak 4 kg setahun. Sedangkan peserta yang berada dalam kelompok program non-insentif rata-rata hanya dapat mengurangi sekitar hampir 1 kg. Selain itu, 62 persen peserta program insentif berhasil menyelesaikan program selama setahun, sedangkan hanya 26 persen peserta program non-insentif yang berhasil.

"Pesan yang dapat diambil adalah program penurunan berat badan yang berkelanjutan dapat dicapai dengan motivasi insentif. Insentif dapat meningkatkan hasil serta kepatuhan peserta," ujar ketua studi Steven Driver.

Cara ini mungkin dapat dilakukan manajemen perusahaan yang ingin membuat karyawannya berbaban ideal. Menurut praktisi ahli kedokteran pencegahan dari Mayo Clinic menyatakan cara-cara pelangsingan yang konvensional belum tentu efektif untuk banyak orang, sehingga dibutuhkan cara kreatif untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com