Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita dengan Lima Organ Transplantasi, Melahirkan

Kompas.com - 14/03/2013, 19:54 WIB

MIAMI, KOMPAS.com — Seorang perempuan yang pernah menerima lima transplantasi organ tubuh melahirkan seorang bayi perempuan di rumah sakit yang sama, tempat dia menerima transplantasi enam tahun lalu.

Fatema Al Ansari (26) menerima transplantasi hati, pankreas, perut, serta usus besar dan kecil di RS Jackson Memoria, Miami, pada 2007.

Pada 26 Februari lalu, Fatema melahirkan putrinya lewat operasi sesar. Dalam jumpa pers di RS Jackson Memorial, sambil menunjukkan putrinya, Fatema mengatakan dia sangat berbahagia.

"Saya tak bisa menggambarkan perasaan saya," kata Fatema sambil menggendong bayinya yang saat lahir memiliki berat hampir tiga kilogram itu.

"Saya merasakan sesuatu yang terbaik di dunia," ujar Fatema.

Fatema dan suaminya, Khalifa Alhayal, tinggal di Qatar dan berencana pulang dalam beberapa pekan mendatang.

Sekitar 600 orang menerima transplantasi lima organ tubuh sejak 2011. Namun, Fatema adalah penerima lima transplantasi pertama yang melahirkan seorang bayi.

Dr Shalih Yasin mengatakan, sejumlah kasus di Eropa melibatkan perempuan yang mendapatkan dua transplantasi organ, tetapi tidak lima organ seperti diterima Fatema.

"Kami sudah meneliti semua literatur medis untuk kasus kehamilan perempuan dengan lima transplantasi organ dan ini adalah kasus pertama kami," kata Dokter Yasin.

Sebelumnya, Fatema pernah mengandung, tetapi dia terpaksa menggugurkan kandungannya karena kondisi kesehatannya. Itulah sebabnya Fatema mengira dia tak akan pernah bisa melahirkan.

"Kami tahu bahwa ini adalah keputusan yang berat," kata Alhayal, suami Fatema.

"Namun, kami ingin memberikan harapan kepada orang lain yang juga menerima transplantasi bahwa mereka masih memiliki kesempatan," sambung dia.

Kabar baik terus menghampiri Fatema dan suaminya. Para dokter menyatakan Fatema cukup sehat untuk memiliki bayi kedua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com