Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2013, 13:40 WIB

TANYA:
 
Selamat siang dok saya mau tanya, anak saya umur 2 tahun perempuan, setiap melihat sesuatu seperti semut di lantai atau gambar pada buku atau majalah dia terlalu menundukkan kepalanya sampai hanya berjarak kurang lebih 10 cm dari buku yang dilihatnya.
 
Setiap kali dia saya ajarkan menulis atau sekedar corat coret di buku, kepalanya hampir menempel di bukubegitu. Yang saya khawatirkan adalah apa anak saya ini menderita mata minus. Kakaknya yg berusia 8 thn jg minus lumayan tebal yaitu 4 dan 3,5 pada mata kiri dan kanan dan silinder 2,75.
 
Kata dokter mata yang memeriksanya mungkin ini keturunan. PAdahal kami, ayah dan ibunya tdk ada yg berkacamata sama sekali alias mata kami normal. Kami takut untuk memeriksakan anak kami karena usianya msh terlalu kecil, dia baru 2 tahun akhir bulan ini. Mohon saran dan jawabannya Dok, apakah anak kedua saya ini bermata minus? Dan apa saja tanda-tanda mata minus pada balita ? Terima kasih.
 
(Berlian, Cilegon)

JAWAB:
Tampaknya si kecil memang menderita kelainan refraksi (penglihatan mata yang tidak fokus) sehingga ia seringkali tampak berusaha mendekatkan jarak setiap obyek yang ingin ia lihat. Kelainan refraksi ini dapat saja terjadi pada usia yang cukup dini.

Sebaiknya Ibu tetap memeriksakan si kecil ke dokter spesialis mata agarmendapatkan penanganan yang lebih tepat dan cepat sehingga kelainan ini tidak menjadi lebih berat.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com