Kompas.com - 08/04/2013, 16:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sebuah obat baru untuk kanker payudara dengan nama generik Kadcyla telah disetujui oleh badan pengawas obat dan makanan AS (FDA). Obat tersebut diklaim mampu meningkatkan harapan hidup pasien stadium lanjut hingga enam bulan lebih lama.

Kadcyla menargetkan pada sel-sel tumor, tanpa merusak sel-sel yang sehat. Obat ini dapat membantu meningkatkan usia harapan hidup secara lebih berkualitas. Salah satu pasien, Lisa Canales (50), yang telah berjuang melawan kanker payudara selama 15 tahun merasakan adanya perbaikan sejak mendapatkan obat Kadcyla.

"Cara yang baik untuk menjelaskan mekanisme obat ini ialah dengan perumpamaan; jika kita ingin mematikan satu lampu pada langit-langit, kita harus mematikan semua lampu. Namun dengan obat ini, kita dapat pergi pada satu lampu yang ingin kita matikan tanpa mematikan lainnya," tutur dr. Marc Citron, Direktur pelayanan kanker di ProHealth Care Associates.

Citron mengatakan, obat ini dapat memberikan keuntungan lebih baik daripada pengobatan yang sebelumnya. Hal ini karena obat ini dapat menunda perkembangan sel kanker selama beberapa bulan. Kadcyla memberikan pengobatan lebih baik dengan efek samping yang lebih kecil.

"Pengobatan ini luar biasa, karena dapat memberikan saya kesempatan untuk melakukan hal-hal yang saya perlu kerjakan. Saya tidak punya waktu untuk merasa buruk, karena saya telah menghabiskan 16 tahun waktu saya dengan kanker," ujar Canales.

Obat ini digunakan terutama untuk kanker pada pada stadium penyebaran atau metastasis dengan gen Human Epidermal-growth factor Receptor-2 (HER-2) positif. HER-2 positif adalah suatu protein yang diproduksi oleh gen yang potensial menyebabkan kanker. Penggunaan Kadcyla dikombinasikan dengan obat Herceptin (trastuzumab) dan juga kemoterapi taxane.

Dokter berharap penggunaan Kadcyla dapat semakin luas untuk melawan kanker payudara di masa mendatang.

"Obat ini sedang diperiksa untuk digunakan pada stadium kanker payudara yang lebih awal, baik pada pasien sebelum operasi, dan pasien sesudah operasi. Secara umum, bila suatu obat efektif untuk kanker stadium akhir, maka akan lebih efektif untuk stadium sebelumnya," papar Citron.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.