Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewi Lestari: Serunya Gaya Orang Indonesia Ngopi

Kompas.com - 17/04/2013, 15:38 WIB

KOMPAS.com - Banyaknya jenis kopi yang dihasilkan oleh Indonesia membuat para pecinta kopi mempunyai banyak pilihan dalam mencicipi citarasa kopi itu sendiri. Dalam hal ini, penyanyi dan penulis Dewi Lestari pun mengamini bahwa ke mana pun ia bepergian, menikmati kopi daerah setempat menjadi salah satu kegiatan rutinnya.

"Minum kopi adalah momen yang berharga. Makanya saya harus selalu mendapat yang terbaik," ungkap penulis novel Perahu Kertas ini kepada Kompas Female, beberapa waktu lalu.

Menurut perempuan yang terkenal lewat buku-bukunya yang mengandung unsur filosofi ini, untuk mendapatkan kopi yang terbaik ia berusaha mencari tahu  seperti apa kualitas kopi yang baik. Tak heran jika ia harus menjadwalkan khusus saat sedang singgah di suatu daerah untuk mencicipi kenikmatan kopi lokal.

Meski menggemari kopi, Dewi mengaku bukan peminum kopi yang berat. "Saya mampu minum pure kopi tanpa campuran apa pun, karena kesegaran kopi murni itu tidak pernah ada lawannya. Kualitas menentukan segalanya. Dan paling enak melihat orang Indonesia kalau lagi ngopi, karena bisa dengan posisi gaya apapun," serunya.

Dari perjalanannya ke berbagai kota, Dewi memang melihat bahwa minum kopi bagi orang indonesia sudah menjadi kebudayaan. "Ngopi-ngopi memiliki nilai kebersamaan. Tidak hanya ngopi bersama, tapi di balik itu semua ada penghargaannya, karena biasanya di setiap seduhan itu ada cerita," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com