Kompas.com - 19/04/2013, 15:48 WIB
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyakit gagal ginjal stadium akhir yang membutuhkan dialisis atau cuci darah menjadi penyakit yang paling banyak dibiayai negara melalui program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

"Angkanya saya tidak tahu persis tetapi gagal ginjal menjadi penyakit tertinggi. Jamkes banyak menerima tagihan cuci darah," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, di Jakarta, Jumat (19/4/13).

Penyakit ginjal stadium akhir berarti ginjal sudah sampai taraf fungsinya harus digantikan oleh dialisis atau cuci darah, atau alternatif lain berupa cangkok ginjal.

Penyebab utama penyakit ini adalah diabetes melitus, tekanan darah tinggi, serta berbagai penyakit ginjal lainnya.

Penggunaan bahan pangan berbahaya, seperti yang menggunakan formalin, boraks, serta pewarna tekstil juga bisa merusak ginjal.

Pangan yang menggunakan bahan kimia berbahaya biasanya memiliki tampilan fisik lebih baik seperti berwarna lebih cerah, renyah, atau kenyal.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.