Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Diet Sehat? Perbanyaklah Makan!

Kompas.com - 01/05/2013, 04:00 WIB

Oleh: Sekar Sari 
Kompasiana: sekarsari

Budaya kuliner, yang antara lain ditandai dengan menjamurnya restoran dan kafé, mendorong masyarakat untuk menikmati gaya hidup penuh makanan. Ditambah dengan aktivitas harian yang tidak banyak menguras kalori, hobi makan membawa dampak negatif, yaitu kegemukan.

Untuk mengatasinya, banyak kiat sehat mengatur pola makan tanpa harus menyiksa tubuh dengan menghindari makanan. Cara-cara yang saya jalani saat hamil dan melahirkan berikut ini sukses menurunkan berat badan 14 kilogram dalam kurun waktu empat bulan.

1. Makan sayur dan buah setiap hari

Makan sayur dan buah setiap hari membuat perut kenyang. Agar tidak terlalu banyak mengunyah, sayur dan buah diparut atau dipotong kecil-kecil. Jumlahnya tentu harus terukur, yaitu 500-1.000 gram per hari, atau setelah dipotong kecil-kecil akan tersaji dalam empat mangkuk ukuran sedang.

2. Makan di waktu yang sama

Menurut spesialis Ellie Krieger, makan di waktu yang sama membuat porsi makan jadi teratur. Melewatkan waktu makan akan menyebabkan kita sangat lapar sehingga memasukkan makanan lebih dari seharusnya. Sedangkan mengemil di luar jam makan dan jam jajan hanya akan menambah kalori yang tidak dibutuhkan.

3. Hindari camilan tinggi kalori

Biasakan makan camilan rendah kalori, seperti roti gandum dan kacang sangrai. Hindari makanan manis, gorengan, atau banyak mengandung garam. Kalau tidak ada camilan sehat, hindari kebiasaan ”ngemil”. Toh perut Anda masih kenyang setelah menyantap empat mangkuk buah dan sayuran.

4. Perbanyak air putih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com