Kompas.com - 04/05/2013, 10:33 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jangan selalu menyalahkan stres sebagai penyebab sulit tidur. Apa yang kita makan dan minum sebenarnya juga berpengaruh terhadap gangguan tidur yang kini makin banyak diderita manusia modern ini. Kenali jenis asupan apa saja yang sebaiknya dihindari, terutama jika mata Anda sering merasa susah terpejam di malam hari.

Inilah 10 makanan yang perlu dihindari sebelum tidur guna menghindari gangguan sulit tidur.

1. Kafein

Kafein mungkin baik untuk menjadi teman memulai hari, tetapi tidak untuk menutup hari. Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Jika Anda perlu mengonsumsi kafein, pastikan Anda melakukannya maksimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Alkohol

Alkohol dapat mengganggu tidur dan menyebabkan terbangun di antara jam tidur. Konsekuensinya, tidur menjadi tidak berkualitas.

3. Cokelat hitam

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cokelat hitam mengandung senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

4. Makanan berlemak tinggi

Makanan ini akan membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum tidur. Jika memaksakan diri untuk tidur setelah makan makanan ini, akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaitu asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X