Kompas.com - 06/05/2013, 10:14 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Mohon informasi mengenai gangguan tidur yang saya alami. Sepanjang waktu, tidur saya sering mengalami mendusin (terbangun tiba-tiba). Dalam masa tidur, saya  bisa terbangun antara 2 sampai 3 kali semalam. Apakah kondisi ini dapat menganggu kesehatan saya ? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih.

(Yendie, 58, Jakarta)

JAWAB :

Harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab Bapak sering terbangun di malam hari. Apakah karena Bapak mendengkur? Seringkali mendengkur menjadi penyebab kita terbangun di malam hari. 

Mendengkur bisa menjadi penyebab terjadinya henti nafas waktu tidur yang akan menggangu kesehatan bila dibiarkan karena dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya hipertensi, DM, penyakit jantung koroner dll akibat berkurangnya kadar oksigen (O2)  akibat henti nafas sewaktu tidur tersebut.


Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.